Framework7: The Powerfull Mobile Apps Framework

Framework7 merupakan sebuah framework HTML open source yang secara khusus diperuntukkan dalam membangun aplikasi mobile berbasis hybrid (baca jenis pemrograman di android). Sebagai gambaran untuk lebih mudah dalam memahaminya, Framework7 berperan seperti Bootstrap dalam membangun sebuah sistem pada platform web.

Kesimpulannya adalah Framework7 hanya menangani permasalahan seputar tampilan (User Interface). Sedangkan untuk pemrosesan informasi atau data ditangani oleh bahasa dengan tipikal client side scripting programming. Basis dari Framework7 adalah class-class pada Cascading Stylesheet (CSS) dan Javascript (JS) yang terdapat pada package filenya. Framework7 memiliki banyak sekali komponen yang memang diperuntukkan secara khusus pada aplikasi mobile antara lain : Accordion, Floating Action Button, Toggle Button, Card, List View dan lain sebagainya.

Kelebihan

Kelemahan

  1. Bagi Orang yang pernah belajar pemrograman berbasis web akan sangat mudah untuk menggunakan Framework7
  2. User Interface Responsive
  3. Ringan
  4. Size Project yang dihasilkan termasuk Kecil
  5. Open Source
  6. Terdapat banyak pilihan Compiler Service
  1. Mempelajari lebih dari 1 bahasa semisal HTML, CSS, Javascript atau Framework Javascript (JQuery)
  2. User Interface dibangun menggunakan scripting
  3. Sumber dokumentasi terbatas
  4. Compiler Service terpisah (pihak ke 3)
  5. Membutuhkan teknik Obfuscator
  6. Dukungan library masih terbatas

Secara umum terlepas dari kelebihan dan kelemahannya, Framework7 merupakan salah satu alternatif pilihan Framework yang dapat dipertimbangkan saat membangun aplikasi berbasis mobile. Ringan, komponen lengkap serta berlisensi Free. Kunjungi situs resminya disini